Pola Diet Khas INDOBARIAN #AlkalineWarrior


(INDOBARIAN) Komunitas street workout INDOBARIAN yang digagas oleh Bli Verdy Bhawanta selain mempopulerkan olahraga street workout di Indonesia, komunitas ini menyarankan pola makan yang baik untuk mendukung gerakan - gerakan olahraga dikomunitas ini, Alkaline Warrior adalah julukan bagi anggota INDOBARIAN yang menjalani pola makan diet alkaline. dan ternyata diet alkaline ini sudah banyak dilakukan oleh para sineas hollywood ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu mengatur asupan makanan kedalam tubuh untuk menyimbangkan kadar pH (tingkat keasaman) 

Banyak sekali yang menanyakan bagaimana pola makan untuk menjalani diet alkaline di official grup facebook INDOBARIAN. Ahli gizi Dr. Zainab Sayeb menjelaskan bahwa jika pH kurang dari 7 maka tergolong asam, dan basa jika kandungan pH lebih dari 7, sedangkan kadar ideal tubuh adalah 7.35 - 7.45, yakni sedikit alkaline.

Banyak mamfaat yang didapat dengan menjalani program diet alkaline, di antaranya meningkatkan energi, memperbaiki pencernaan, menurunkan berat badan, serta mengurangi nyeri. Tak hanya itu, tekanan darah tinggi dan kadar gula dalam darah juga dapat diatasi dengan metode ini.

Tujuan dari program diet alkaline ini adalah menyeimbangkan pH hingga mendapatkan tingkat optimal, lalu membangun sel dan jaringan tubuh, sehingga badan menjadi sehat. Dengan diet ini, berarti juga telah melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh), sehingga sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Dalam menjalankan diet alkaline ini jangan terlalu berlebihan hingga sangat menjauhi makanan yang bersifat asam, karena pada dasarnya makanan yang bersifat asam tetap diperlukan oleh tubuh, Dr Zainab ahli gizi menyarankan bagi mereka yang menjalani pola diet alkaline untuk mengatur komposisi makananannya 80:20 antara makanan yang bersifat basa dan asam.

Pada saat mengetahui pola diet alkaline ini, banyak yang berpikir banyak makanan yang bersifat asam adalah makanan yg memiliki rasa asam, dan saya termasuk yg berfikir demikian pada awalnya. ternyata menurut ahli gizi klinis Dr. Nupur Krishnan makanan yang bersifat asam adalah yg mengandung kadar pH tinggi, jadi kandungan makanan setelah tertelan bukan rasa saat dilidah.

Makanan yang bersifat 'asam' menambahkan kadar  ion hidrogen didalam  tubuh, sehingga tubuh semakin bersifat asam. Sedangkan, makanan alkaline menghilangkan kadar ion hidrogen sehingga kadar asam dalam tubuh berkurang. dan sebelum mengkonsumsi buah dan sayuran pastikan sudah bersih dari kotoran untuk mencegah bahaya bakteri pada buah dan sayuran 

Berikut beberapa makanan menurut kandungan asam dan basa:

Asam:
zaitun, kentang, margarin, gula , pemanis buatan, cuka masak, susu, tiram, lobster, jagung, lemak hewan, minyak nabati, beras, oat, daging sapi, ayam, domba, gandum, keju, mentega dan es krim

Basa:
minyak zaitun, cuka apel, rempah, sirup maple, madu, brokoli, wortel, kembang kol, mentimun, terung, bawang putih, alpukat, pisang, jeruk bali, anggur, lemon, jeruk, air putih, teh hijau, jeruk nipis, tomat, bayam, kelapa, apel, timun.

banyak sekali metode diet yang bisa dijalani selain diet alkaline yang diterapkan di INDOBARIAN, diantaranya yang cukup populer adalah diet protein yang memfokuskan pada asupan protein kedalam tubuh. untuk yang menjalani pola diet protein ini mungkin bisa membaca postingan tentang Serangga, Alternatif Sumber Protein
untuk lebih lengkapnya bisa mencari sendiri dibeberapa website kesehatan atau langsung konsultasi ke ahli gizi 
#grup indobarian #detikhealth 
Tag : INDOBARIAN
5 Komentar untuk "Pola Diet Khas INDOBARIAN #AlkalineWarrior"

mungkin bisa dicoba pola diet yg satu ini....soalnya badan ane kegemukan gan...hehe

langsung praktek dilapangan gan biar maksimal :D

Cara daftar jadi anggota INDOBARIAN gmna Min?

Sangat bagus artikelnya... tapi ada yang harus saya tanyakan.. apakah sayur2an yg kita konsumsi dimasak seperti biasa atau mentah.... dan kalo kacang2an cara konsumsinya bagaimana?... mentah, digoreng atau direbus?...terima kasih

Back To Top