Waktu Tidur VS Waktu Olahraga

waktu yang dibutuhkan untuk istirahat
INDOBARIAN. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat selain harus rajin berolahraga secara teratur kita juga perlu memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat untuk menjaga kesehatan. sebuah lembaga penelitian National Sleep Foundation di Amerika mempublikasikan hasil penelitiannya tentang berapa waktu ideal yang diperlukan tubuh untuk untuk tidur pada rentang usia yang berbeda - beda. Penelitian ini melibatkan 12 pakar medis dibidang kedokteran anak, dokter spesialis geriatri (manula) hingga psikologi. Hasil penelitian menghasilkan berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat 9 kelompok usia manusia semenjak dilahirkan hingga dewasa :

1. Bayi berusia 0 - 3 bulan membutuhkan 14 - 17 jam setiap harinya
2. Bayi berusia 4 - 11 bulan membutuhkan 12 - 15 jam setiap harinya 
3. Balita usia 1 - 2 tahun membutuhkan 11 - 14 jam setiap harinya
4. Balita 3 - 5 tahun membutuhkan 10 - 13 jam setiap harinya 
5. Usia sekolah 6 - 13 tahun membutuhkan 9 - 11 jam setiap harinya
6. ABG usia 14 - 17 tahun membutuhkan 8 - 10 jam setiap harinya
7. Anak Usia 18 - 25 tahun membutuhkan 7 - 9 jam setiap harinya
8. Dewasa 26 - 64 tahun membutuhkan 7 - 9 jam setiap harinya 
9. Manula Usia 64 tahun keatas membutuhkan 7 - 8 jam setiap harinya

hasil penelitian diatas merupakan penelitian pertama kali dipublikasikan dan mendapatkan rekomendasi dari banyak pakar menurut Charles A Czeisler PhD, MD selaku kepala National Sleep Foundation. untuk lebih mudahya ketika tubuh terasa lelah lebih baik diistirahatkan saja jika sudah memasuki waktu istirahat malam. jangan sampai karena tuntutan pekerjaan yang belum selesai membuat kita terpaksa bergadang hingga larut malam

Kalau di Indobarian memiliki tingkatatan dan aturan saat latihan berolahraga, ada baiknya kita juga mengatur waktu istirahat tubuh kita agar tidak tidur terlalu larut malam yang berimbas rasa malas bahkan sulit untuk terbangun dipagi hari.
#DetikHealth
Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Waktu Tidur VS Waktu Olahraga "

Back To Top